Langsung ke konten utama

Teknologi WAN - Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel adalah teknologi yang memfasilitasi komunikasi antar perangkat tanpa mengandalkan kabel dalam proses transmisi data.

Teknologi nirkabel menggunakan beragam gelombang elektromagnetik, seperti mikro, radio, bahkan infrared, untuk mengirimkan data antar perangkat.

Selain itu, jangkauan jaringan nirkabel bisa bervariasi, ada yang hanya mencakup area terdekat, sementara yang lain dapat menjangkau jarak yang lebih jauh.

Jenis-Jenis Jaringan Nirkabel

Berdasarkan jangkauannya, jaringan nirkabel memiliki empat jenis yang berbeda:

  1. WLAN (Wireless Local Area Network) memungkinkan dua atau lebih perangkat untuk berkomunikasi dan bertukar data di area lokal. Jaringan WLAN biasanya diakses melalui access point dengan SSID yang mengidentifikasi jaringan tersebut. Tempat-tempat seperti perkantoran, sekolah, bandara, dan perpustakaan sering menggunakan WLAN.
  2. WMAN (Wireless Metropolitan Area Network) dapat menghubungkan beberapa titik dalam wilayah metropolitan. Contohnya, jaringan dapat menghubungkan gedung perkantoran A dengan gedung perkantoran B, atau bahkan mencakup seluruh kota.
  3. WWAN (Wireless Wide Area Network) memungkinkan pengguna terhubung ke jaringan, baik itu pribadi maupun publik, dari jarak yang jauh, bahkan hingga seluruh negara. WWAN menggunakan sistem satelit untuk mencapai jarak yang luas, seperti yang digunakan pada jaringan 2G, 3G, dan sejenisnya.
  4. WPAN (Wireless Personal Area Network) memiliki jangkauan terkecil di antara jenis-jenis jaringan lainnya. Jarak maksimumnya hanya sekitar sepuluh meter. Contoh dari jaringan WPAN adalah bluetooth yang sering ditemukan pada smartphone, laptop, tablet, dan perangkat lainnya.
Keunggulan Jaringan Nirkabel
1. Lebih fleksibel
2. Meningkatkan Produktivitas
3. Tingkat Mobilitas Tinggi
4. Proses Instalasinya Mudah dan Cepat

Kelemahan Jaringan Nirkabel
1. Faktor biaya yang tergolong mahal
2. Keamanan 
3. Faktor kecepatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bilangan Oktal Dan Bilangan Hexadesimal

Pengertian Bilangan Oktal        Bilangan oktal adalah bilangan berbasis 8, yang menggunakan angka 0 sampai 7. Contoh penulisan : 17 8 . Konversi Desimal ke Oktal Contoh:  67 (desimal) = ……(oktal) ? Pertama-tama 67/8 = 8, sisa 3 Lalu 8/8 = 1, sisa 0, Terakhir 1/8=0, sisa 1. Dengan demikian dari hasil perhitungan didaptkan 67(desimal)= 103(oktal) Konversi bilangan octal ke desimal.  Cara mengkonversi bilangan octal ke desimal adalah dengan mengalikan satu-satu bilangan dengan 8 (basis octal) pangkat 0 atau 1 atau 2 dst dimulai dari bilangan paling kanan. Kemudian hasilnya dijumlahkan. Misal, 137(octal) = (7x80) + (3x81) + (1x82) = 7+24+64 = 95(desimal). Konversi Biner ke oktal Untuk melakukan konversi biner ke oktal lakukan bagi setiap 3 digit menjadi sebuah angka oktal dimulai dari paling kanan. Contoh : 10110(biner) = ……(oktal) ? Pertama-tama bagi menjadi kelompok yang terdiri dari 3 digit biner: 10 dan 1

Pemrograman Dasar - Algoritma Pemrograman

Pengertian Logika dan Algoritma pemrograman 1. Logika Logika berasal dari bahasa yunani yaitu logos berarti ilmu. Logika dapat diartikan ilmu yang mengajarkan cara berfikir untuk melakukan kegitan dengan tujuan tertentu. Jadi logika dapat diartikan ilmu yang mengajarkan manusia untuk berfikir dengan akal suatu permasalahan untuk menghasilkan kebenaran, dibuktikan, dan dapat diterima oleh akal. 2. Sejarah Algoritma  Algoritma berasal dari nama seorang ilmuan Arab, Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi. Dua kata Al Khuwarizmi dikenal oleh kalangan barat sebagai algorism atau algorithm lalu diserap ke dalam bahasa indonesia menjadi algoritma. 3. Definisi Algoritma  Algoritma dapat diartikan urutan penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang logis untuk memecahkan suatu permasalahan. 4. ciri-ciri algoritma Finiteness (keterbatasan), algoritma harus berakhir setelah mengerjakan sejumlah langkah proses Definiteness (kepastian), setiap langkah harus didefi

MOTHERBOARD LAPTOP

Assalamualaikum wr.wb. Kali ini saya akan posting tentang komponen - komponen yang ada pada motherboard laptop. Semoga bermanfaat 😊 MOTHERBOARD LAPTOP          Motherboard adalah salah satu komponen utama pada sebuah laptop. Semua komponen internal terhubung ke system board ini. Motherboard laptop selalu disesuaikan dengan spesifikasi model. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengganti motherboard suatu brand laptop dengan mainboard brand lain. Embedded Controler                Prosesor yang membuat mesin menjadi smart, seperti : mesin cuci, microwave, oven, mesin jahit, sistem pengapian otomotif. Prosesor jenis ini lebih dikenal dengan mikrokontroller.  Firmware SPI flash        manajemen power bertujuan untuk menghemat daya dengan cara menghentikan supply power pada saat tidak digunakan.Tahapan ini di kendalikan oleh sistem operasi tertanam atau disebut dengan Firmware atau dikenal dengan Bios file.  Firmware ini dijalankan bersama SPI Flash (Flash mem