KESIMPULAN MATERI ALAT DALAM JARINGAN KOMPUTER














Assalamualaikum kali ini saya memposting tugas tentang alat-alat dalam membangun sebuah jaringan. Semoga bermanfaat :)


Catatan : Nunilawati

KESIMPULAN
  1. Router ialah sebuah alat yang bertugas untuk mengirimkan paket data melalui jaringan-jaringan yang berbeda kejaringan yang lain atau yang bertugas mengirim paket data diinternet.
  2. Router juga dapat diunakan untuk membagi jaringan besar kedalam beberapa jaringan yang lain.
  3. Router indoor RB450 dengan spesifikasi 300 mhz atheros CPU, 32 MB DDR RAM, 64 MB, dan NAND storage.
  4. Router indoor RB450 dengan router OS level 5 dengan kemasan kotak indoor yang pas.
  5. RB750 G adalah produk routerboard yang paling mungil.
  6. Switch adalah alat yang memfilter.
  7. Switch bekerja pada level 2 ddan kadang dilayer 3.
  8. Switch akan mengalokasikan bandwith secara penuh dan mengutamakan setiap port.
  9. Cara kerjanya dengan menerima dan menganalisis data paket yang ada.
  10. Acces Point adalah perangkat jaringan yang berisi berupa transceiver.
  11. Acces Point tidak memiliki fasilitas port orwading, port redirect.
  12. Acces Point digunakan untuk menambah sinyal.
  13. Acces Point indoor biaasanya digunakan dalam jaringan wifi.
  14. AP indoor merupakan perangkat yang digunakan pada warkop-warkop dengan free hotspot.
  15. Acces Point sebagai penghubung jaringan local denagn client.



YANG TIDAK DIMENGERTI

1. Bagaimana cara reset routerboard ?
2. Apa bedanya router mikrotik dengan mikrotik ?
3. Ada berapa jenis router ?
4. Bagaimana cara instal mikrotik dengan ISO image ?
5. Apa bedanya HUB sama switch ?
6. Bagaimana cara mereset TP-LINK ?
7. Apa bedanya dari versi router yang sudah ada ?
8. Kenapa switch hanya bekerja pada layer ke 2 ?
9. Ada berapa jenis TP-LINK ?
10. Apa bedanya TP-LINK dengan acces point indoor ?


JAWABAN

1.      Cara reset router yaitu :
a)  Lepas kabel powernya
b)  Tekan tombol reset tanpa dilepas, kemudian tancapkan kabel powernya dalam kondisi tombol reset masih ditekan
c)  Tunggu hingga lampu ACT berhenti berkedip
d)  Coba cek login dengan Winbox

2.   Mikrotik adalah 1 dari beberapa merek router yg ada.

3.   Berdasarkan jenisnya, router sendiri dibagi dalam 3 jenis yaitu router PC, router aplikasi dan router hardware
  •       Router PC
Router PC adalah Sistem Operasi yang memiliki fasilitas untuk mensharing atau membagi IP Address. Router PC merupakan computer yang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi sebagai router. Sebuah computer bisa dijadikan router tidak harus dengan spesifikasi yang tinggi. Computer pentium dua memiliki hard drive 10 GB dan ram 64 sudah bisa digunakan sebagai router dengan cara menginstall system operasi khusus untuk router tersebut. Yang paling banyak digunakan adalah system operasi Mikrotik.
  •       Router Hardware
Router Hardware adalah sistem perangkat yang memiliki kemampuan seperti halnya router, sehingga hardware atau perangkat keras tersebut bisa membagi, memancarkan, serta juga mensharing IP Address.
  •      Router Aplikasi
Router Aplikasi adalah aplikasi yang dapat diinstal pada Sistem Operasi sehingga bisa membuat Sistem Operasi bersangkutan memiliki kemampuan seperti halnya router, contohnya WinProxy, WinRoute, SpyGate dan juga WinGate.

4.   ISO Image; menggunakan Compact Disc (CD) instalasi. Silakan download file berekstensi .ISO yang tersedia dan kamu harus “membakarnya” ke dalam media CD kosong. 
  •      Download file ISO Mikrotik nya.
  •      Masukkan cd mikrotik ke dalam cd/dvd room.
  •     Setting bios komputer anda, pada booting awal (first boot)nya adalah cd/dvd room anda.
  •     Setelah di setting maka komputer anda akan booting pertama kale ke cd/dvd room anda. Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
  •     Lakukan proses instalasi Mikrotik dengan memilih (check) semua pilihan yang ada dengan tombol ‘a‘. Kalo udah dicentang semua tekan tombol ‘i’ untuk meginstall Mikrotik.
  •     Tunggu bentar sampe proses instalasi nya selesai. Sabar yahh, cuma bentar kok.  Kalo udah selesai tekan tombol Enter untuk reboot
  •      Setelah komputer anda restart maka anda akan diminta untuk check disk atau tidak. Klik tombol “Y” untuk menyetujui, atau klik tombol “N” untuk tidak menyetujui. 
  •      Setelah itu akan muncul tampilan login. “admin” (tanpa tanda petik) pada Mikrotik Login. Dan pada password enter aja. karena password defaultnya tidak ada password
  •    Jika berhasil maka akan muncul gambar tampilan awal mikrotik (lihat gambar dibawah ini). Menandakan anda telah berhasil menginstal mikrotik. 
Sekarang Mikrotik RouterOS nya sudah terinstall di PC anda. Namun mikrotik nya hanya bisa digunakan selama 24 jam saja karena masih dalam masa trial. Untuk bisa membuatnya full version menggunakan lisensi level 6, perlu dilakukan registrasi lisensi dulu. File lisensi level 6 nya sudah ada di paket ISO sebelumnya. Silakan cari file nya.

5.  “Perbedaan Hub dan Switch” terletak dari bagaimana packet data / informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk atau datang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke Jaringan.
Tetapi lain halnya dengan Switch, ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yang berkepentingan menerima data tersebut.
Penggunaan Switch akan memotong penggunaan bandwith jaringan anda secara signifikan, terutama bila kita memiliki jaringan dengan banyak komputer dan semuanya sibuk untuk mengirim dan menerima data disaat bersamaan. Keunggulan switch yang lain ialah data akan lebih aman dari aksi pencurian data dengan cara sniffer.

6.   Ada dua metode untuk me-reset ke default pabrik Router:
Metode 1 : Sulit ulang / Dengan menekan tombol RESET
Dengan Router diaktifkan , tekan terus WPS / RESET tombol (lebih dari 10 detik) sampai LED SYS menjadi cepat-flash dari slow-flash. Kemudian lepaskan tombol dan menunggu Router reboot untuk pengaturan default pabrik.

Metode 2 : Dengan berbasis Web Utility Router (halaman manajemen)
Jika Anda berada di halaman manajemen, Anda bisa menggunakan Factory Default fungsi. Silahkan pergi ke System Tools -> Factory Default "halaman, kemudian klik pada tombol restore dan menunggu Router reboot untuk pengaturan default pabrik.

7.       
Mikrotik Level 0
Mikrotik Level 0 ini merupakan trial version dari Mikrotik. Lisensi Mikrotik ini gratis dan tidak membutuhkan lisensi untuk penggunaannya. Tapi di Level 0 ini penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.
Mikrotik Level 1
Mikrotik Level 1 ini merupakan demo version dari Mikrotik. Mikrotik Level 1 ini hanya dapat difungsikan sebagai routing standar  dengan 1 pengaturan. Dengan fungsi yang terbatas itu, Mikrotik Level 1 ini tidak dibatasi dengan limit waktu untuk penggunaannya.
Mikrotik Level 3
Mikrotik Level 3 ini merupakan Mikrotik level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen router ber-interface ethernet. Mikrotik level 3 ini lebih banyak digunakan sebagai CPE/wireless client (Lisensi Level 3CF-CPE), atau point to point. Mikrotik level 3 ini tidak bisa difungsikan sebagai access point dengan multi client.
Mikrotik Level 4
Mikrotik Level 4 ini merupakan Mikrotik level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola wireless client atau serial interface. Mikrotik level 4 inilah yang paling banyak digunakan karena mempunyai harga yang murah. Mikrotik level 3 ini tidak bisa difungsikan sebagai access point dengan multi client dengan 200 user aktif.
Mikrotik Level 5
Mikrotik Level 5 ini merupakan Mikrotik  level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan wireless AP.  Mikrotik level 5 ini bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot dengan 500 user aktif.
Mikrotik Level 6
Mikrotik Level 6 ini merupakan Mikrotik semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.  Mikrotik level 6 ini bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot dengan user aktif yang tak terbatas.
8.    Switch merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual berada pada layer 2 (Datalink Layer). Switch pada saat pengirimkan data mengikuti MAC address pada NIC (Network Interface Card) sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini akan diterima. Jika ada collision yang terjadi merupakan collision pada port-port yang sedang saling berkirim paket data misalnya ketika ada pengiriman paket data dari port A ke port B dan pada saat yang sama ada pengiriman paket data dari port C ke port D, maka tidak akan terjadi tabrakan (collision) karena alamat yang dituju berbeda dan tidak menggunakan jalur yang sama. Semakin banyak port yang tersedia pada switch, tidak akan mempengaruhi bandwidth yang tersedia untuk setiap port.


      Ketika paket data dikirimkan melalui salah satu port pada switch, maka pengiriman paket data tersebut tidak akan terlihat dan tidak terkirim ke setiap port lainnya sehingga masing-masing port mempunyai bandwidth yang penuh. Hal ini menyebabkan kecepatan pentransferan data lebih terjamin. 

     Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa switch lebih baik daripada hub baik secara perbandingan konseptual maupun secara prinsip kerjanya yang dapat membuat terjadinya collosion.

9.   Dari jenis ini Tplink mengeluarkan tiga model modem router yaitu TD-8816, TD-8817 dan TD-8840T. semua model ini adalah gabungan modem ADSL dengan router dalam satu perangkat yang kompak. Ketiganya sudah dilengkapi dengan fitur fitur yang sama 



10Wireless Access Point adalah sebuah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point sama seperti hub/switch pada jaringan kabel bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyal-sinyal radio WLAN. Sedangkan, Wireless Router sendiri adalah sebuah device yang berfungsi meneruskan paket data dari satu network ke network yang lainnya (dalam hal ini jaringan LAN ke WLAN).
   











Komentar