Langsung ke konten utama

MOTHERBOARD LAPTOP

Assalamualaikum wr.wb.
Kali ini saya akan posting tentang komponen - komponen yang ada pada motherboard laptop.
Semoga bermanfaat 😊



MOTHERBOARD LAPTOP

        Motherboard adalah salah satu komponen utama pada sebuah laptop. Semua komponen internal terhubung ke system board ini. Motherboard laptop selalu disesuaikan dengan spesifikasi model. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengganti motherboard suatu brand laptop dengan mainboard brand lain.




Embedded Controler

               Prosesor yang membuat mesin menjadi smart, seperti : mesin cuci, microwave, oven, mesin jahit, sistem pengapian otomotif. Prosesor jenis ini lebih dikenal dengan mikrokontroller. 



Firmware SPI flash

       manajemen power bertujuan untuk menghemat daya dengan cara menghentikan supply power pada saat tidak digunakan.Tahapan ini di kendalikan oleh sistem operasi tertanam atau disebut dengan Firmware atau dikenal dengan Bios file. Firmware ini dijalankan bersama SPI Flash (Flash memori) media penyimpanan elektronik yang dapat dihapus dan diprogram kembali secara elektrik.


Battrey charger

        Battery charger adalah peranti yang digunakan untuk mengisi energi ke dalam baterai (isi ulang) dengan memasukkan arus listrik melaluinya. Arus listrik yang dimasukkan tergantung pada teknologi dan kapasitas baterai yang diisi ulang tersebut.



RTC Battery
             Setiap komputer laptop memiliki baterai CMOS juga dikenal sebagai baterai RTC. Baterai CMOS terhubung langsung ke board sistem laptop dan membantu untuk mempertahankan pengaturan BIOS penting seperti sistem waktu, tanggal, konfigurasi BIOS sementara laptop dimatikan atau bahkan ketika baterai utama dihapus.
            Baterai CMOS dapat diisi ulang dan itu mendapatkan dikenakan biaya saat laptop dicolokkan ke listrik. baterai CMOS datang dalam berbagai ukuran bentuk ans.


RTC Crystal 32 Khz


DS3231 adalah biaya-rendah, I²C sangat akurat real-time clock (RTC) dengan osilator terintegrasi suhu-kompensasi kristal (TCXO) dan kristal. Perangkat menggabungkan input baterai, dan mempertahankan ketepatan waktu akurat ketika listrik utama ke perangkat terganggu. Integrasi resonator kristal meningkatkan akurasi jangka panjang perangkat serta mengurangi jumlah potongan-bagian dalam garis manufaktur. DS3231 ini tersedia dalam rentang suhu komersial dan industri, dan ditawarkan dalam 16-pin, 300-mil SO paket. RTC mempertahankan detik, menit, jam, hari, tanggal, bulan, dan informasi tahun. Tanggal pada akhir bulan secara otomatis disesuaikan dengan bulan dengan kurang dari 31 hari, termasuk koreksi untuk tahun kabisat. Jam beroperasi baik dalam 24 jam atau format 12 jam dengan AM indikator / PM aktif-rendah. Dua diprogram waktu-of-hari alarm dan output gelombang persegi diprogram disediakan. Alamat dan data yang ditransfer serial melalui bus dua arah ² C.




VCORE POWER SUPPLY
            Tegangan core CPU (VCore) adalah tegangan listrik dipasok ke CPU (yang merupakan rangkaian digital), GPU, atau perangkat lain yang mengandung inti pengolahan. Jumlah daya CPU menggunakan, dan dengan demikian jumlah panas itu menghilang, adalah produk dari tegangan ini dan saat ini ia menarik. Di CPU modern, yang dibuat menggunakan CMOS, saat ini hampir sebanding dengan kecepatan clock, CPU menggambar hampir tidak ada saat ini antara siklus jam. (Lihat, bagaimanapun, kebocoran subthreshold.)


DCON Hymax HX8837

           HX8837-A (The DCON Aplikasi-specif ic Integrated Circuit) adalah Display Controller yang optimized untuk mengemudi One Laptop per Child (OLPC) hybrid warna / monokrom 1200x900 panel display TFT . antarmuka dari HX8837-A mencakup masukan TTL (676), 512Kx16 bit SD-RAM dan DETTL output.



CPU Serial Port

               Dalam komputasi, sebuah port serial adalah antarmuka komunikasi serial melalui transfer informasi atau memperkecil satu bit pada waktu (kontras dengan port paralel). Sepanjang sebagian besar sejarah komputer pribadi, data yang ditransfer melalui port serial untuk perangkat seperti modem, terminal dan berbagai periferal.
           Meskipun demikian sebagai antarmuka Ethernet, FireWire, dan USB semua mengirim data sebagai serial streaming, istilah "port serial" biasanya mengidentifikasi hardware lebih kurang sesuai dengan standar RS-232, dimaksudkan untuk antarmuka dengan modem atau dengan perangkat komunikasi yang sama .
              Komputer modern tanpa port serial mungkin memerlukan serial-to-USB konverter untuk memungkinkan kompatibilitas dengan RS-232 perangkat serial. Serial port masih digunakan dalam aplikasi seperti sistem otomasi industri, instrumen ilmiah, sistem titik penjualan dan beberapa produk industri dan konsumen. Server komputer dapat menggunakan port serial sebagai konsol kontrol untuk diagnosa. peralatan jaringan (seperti router dan switch) sering menggunakan konsol serial untuk konfigurasi. Serial port masih digunakan di daerah-daerah karena mereka sederhana, murah dan fungsi konsol mereka sangat standar dan meluas. Sebuah port serial memerlukan sedikit software pendukung dari sistem host


WLAN Power Switch

                Sebuah rangkaian front-end dari sistem-on-a-Chip (SoC) yang berisi IEEE 802.11b / g / n wireless LAN (WLAN) dan transceiver Bluetooth disajikan. SoC ini mengintegrasikan power amplifier WLAN (PA), sebuah mengirim-menerima switch (T / R switch), proses dan suhu detektor listrik tidak sensitif, dan penguat suara rendah (LNA) yang dibagi antara WLAN dan Bluetooth. Kelas AB power amplifier memiliki daya output maksimum jenuh + 29dBm, dengan tetap memenuhi -28dB EVM untuk QAM64 modulasi pada daya output + 21dBm. bersama suara rendah penguat memiliki angka kebisingan 3.3dB. Solusinya disajikan secara signifikan mengurangi keseluruhan Bill-of-Material (BOM) untuk WLAN combo dan transceiver Bluetooth.


External SD/MMC slot Power Switch

              Secure Digital (SD) adalah format kartu memori non-volatile yang dikembangkan oleh SD Card Association (SDA) untuk digunakan dalam perangkat portabel.
          Standar ini diperkenalkan pada Agustus 1999 dengan upaya bersama antara SanDisk, Panasonic (Matsushita Electric) dan Toshiba sebagai perbaikan atas MultiMedia (MMC), dan telah menjadi standar industri. Ketiga perusahaan membentuk SD-3C, LLC, sebuah perusahaan yang izin dan memberlakukan hak kekayaan intelektual yang terkait dengan kartu memori SD dan SD host dan produk tambahan. 



USB Power Switch

              RT9703 adalah tegangan rendah, kinerja tinggi listrik N-MOSFET saklar tunggal, yang dirancang untuk rel power on / off control dengan RDS rendah (ON) ≈ 80mΩ dan fungsi perlindungan penuh. The RT9703 dilengkapi dengan sirkuit pompa muatan untuk mendorong saklar MOSFET internal dan output bendera yang tersedia untuk menunjukkan kondisi kesalahan terhadap besar di / dt yang dapat menyebabkan pasokan jatuh dari regulasi. Agar sesuai aplikasi yang berbeda, pin IP ditawarkan untuk pengaturan titik batas saat ini, resistor dari IP ke tanah menetapkan batas saat ini untuk saklar.
Fitur tambahan termasuk soft-start untuk membatasi arus masuk saat selama plug-in, thermal shutdown untuk mencegah kegagalan saklar bencana dari beban tinggi-saat ini, di bawah tegangan lockout (UVLO) untuk memastikan bahwa perangkat tetap off kecuali ada tegangan input yang valid hadir , presisi resistor-programmable keluaran batas saat sampai 3.5A. Selain itu, arus diam rendah sebagai 30μA membuat perangkat ini ideal untuk peralatan dioperasikan dengan baterai portabel.
The RT9703 tersedia dalam SOP-8 paket yang membutuhkan ruang papan minimum dan komponen terkecil.



CLOCK SYNTH ICS9UM702

                   IDT jam generator dan frekuensi synthesizer adalah semua produk berbasis Jam PLL yang menghasilkan satu atau lebih sinyal jam dalam aplikasi. PLL produk berbasis jam-dapat menghasilkan frekuensi output yang berbeda dari frekuensi input yang umum. Biasanya dalam suatu sistem, setiap perangkat membutuhkan frekuensi yang berbeda untuk beroperasi. 



+2.8V POWER SUPPLY
               Dengan platform WD2 telah menggunakan CPU jenis UPPWD2 yang mempunyai versi dan kebutuhan tegangan berbeda uppwd v2.5 mengalami kerusakan sehingga memerlukan penggantian sedangkan suku cadangnya yang ada uppwd v3.2 dan uppwd v3.2E.


+1.8V MEM. POWER SUPPLY
            Dengan platform WD2 telah menggunakan CPU jenis UPPWD2 yang mempunyai versi dan kebutuhan tegangan berbeda uppwd v2.5 kebawah menggunakan tegangan Vcore =1.8 v.



+1.2V POWER SUPPLY

     Dengan platform WD2 telah menggunakan CPU jenis UPPWD2 yang mempunyai versi dan kebutuhan tegangan berbeda uppwd v2.5 kebawah menggunakan tegangan Vcore =1.8 v.



+1.05V POWER SUPPLY
Uppwd v2.5 kebawah menggunakan tegangan Vcore =1.8 v



LCD POWER SUPPLY
                Dalam LCD memantau power supply, kapasitor sesekali akan pergi buruk. Hal ini menyebabkan mereka bocor dan menonjol keluar dan catu daya tidak akan mampu memberikan kekuatan untuk monitor, menyebabkan ia bahkan tidak menyala. Jadi ya, ini cukup masalah jika Anda ingin monitor untuk bekerja.



+5V SW PQ31
    Short Wave Diathermy (SWD) adalah Suatu alat terapi yang menggunakan pemanasan yang pada jaringan dengan merubah energi elektromagnet menjadi energi panas. Short Wave Diathermy biasa disebut dengan Diathermy gelombang pendek. Berfungsi untuk memanaskan jaringan dan pembuluh darah dengan gelombang pendek, sehingga peredaran darah menjadi lancar. Tegangan diatas 5volt dengan jenis PQ31.


BACKLIGHT POWER SUPPLY


   Backlight power supply diatur oleh Backlight Brightness register (8-bit). Hanya atas 4 bit dari register ini digunakan - lebih rendah 12 bit tidak terdefinisi, dan harus diabaikan. Backlight Brightness register digunakan untuk mengatur siklus untuk power supply itu sendiri. Sebuah nilai 00H sesuai dengan siklus tugas dari 0% (sepenuhnya off), sedangkan nilai dari 0Fh sesuai dengan siklus tugas dari 100%. nilai interim dapat digunakan untuk mengatur tingkat tertentu.



+5VSUS
Untuk port video page tegangan diatas 5V


+3.3VSUS
Untuk port video page tegangan diatas 3.3V


+3.3V SW Q13
Untuk port video page tegangan diatas 3.3 dengan jenis Q13



3VPCU POWER SUPPLY
Untuk port video page tegangan 3V pada power supply



RIGHT SPEAKER
         Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.
            Dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang ada pada penguat audio/suara kemudian dialirkan ke dalam kumparan.











Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bilangan Oktal Dan Bilangan Hexadesimal

Pengertian Bilangan Oktal        Bilangan oktal adalah bilangan berbasis 8, yang menggunakan angka 0 sampai 7. Contoh penulisan : 17 8 . Konversi Desimal ke Oktal Contoh:  67 (desimal) = ……(oktal) ? Pertama-tama 67/8 = 8, sisa 3 Lalu 8/8 = 1, sisa 0, Terakhir 1/8=0, sisa 1. Dengan demikian dari hasil perhitungan didaptkan 67(desimal)= 103(oktal) Konversi bilangan octal ke desimal.  Cara mengkonversi bilangan octal ke desimal adalah dengan mengalikan satu-satu bilangan dengan 8 (basis octal) pangkat 0 atau 1 atau 2 dst dimulai dari bilangan paling kanan. Kemudian hasilnya dijumlahkan. Misal, 137(octal) = (7x80) + (3x81) + (1x82) = 7+24+64 = 95(desimal). Konversi Biner ke oktal Untuk melakukan konversi biner ke oktal lakukan bagi setiap 3 digit menjadi sebuah angka oktal dimulai dari paling kanan. Contoh : 10110(biner) = ……(oktal) ? Pertama-tama bagi menjadi kelompok yang terdiri dari 3 digit biner: 10 dan 1

Pemrograman Dasar - Algoritma Pemrograman

Pengertian Logika dan Algoritma pemrograman 1. Logika Logika berasal dari bahasa yunani yaitu logos berarti ilmu. Logika dapat diartikan ilmu yang mengajarkan cara berfikir untuk melakukan kegitan dengan tujuan tertentu. Jadi logika dapat diartikan ilmu yang mengajarkan manusia untuk berfikir dengan akal suatu permasalahan untuk menghasilkan kebenaran, dibuktikan, dan dapat diterima oleh akal. 2. Sejarah Algoritma  Algoritma berasal dari nama seorang ilmuan Arab, Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi. Dua kata Al Khuwarizmi dikenal oleh kalangan barat sebagai algorism atau algorithm lalu diserap ke dalam bahasa indonesia menjadi algoritma. 3. Definisi Algoritma  Algoritma dapat diartikan urutan penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang logis untuk memecahkan suatu permasalahan. 4. ciri-ciri algoritma Finiteness (keterbatasan), algoritma harus berakhir setelah mengerjakan sejumlah langkah proses Definiteness (kepastian), setiap langkah harus didefi