Langsung ke konten utama

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

   

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

     Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya - Motherboard atau mainboard atau sering disebut juga papan induk adalah sebuah papan sirkuit tempat semua perangkat keras komputer saling terhubung. Bisa dibilang motherboard ini merupakan pusat penghubung dari semua perangkat keras komputer yang ada. 

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Bicara soal motherboard, ternyata tidak jarang loh orang masih salah menyebutkan nama bagian ataupun fungsi dari komonen yang ada pada motherboard tersebut, terlebih bagi mereka yang masih awam dan sama sekali enggan berurusan dengan perangkat keras.

Memang sih, setiap motherboard memiliki bentuk bahkan susunan yang sedikit berbeda. Tapi hal itu jangan sampai menjadi alasan untuk tidak mengetahui nama komponen yang ada pada motherboard.

Nah, untuk meminimalisir masalah tersebut, pada artikel ini saya akan memaparkan sedikit mengenai bagian-bagian yang ada pada motherboard dan menjelaskan fungsi dari setiap komponen yang ada.

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Socket Prosessor / CPU Socket

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Socket Prosessor merupakan tempat dimana prosessor terpasang. Kalau dilihat secara fisik, area dari socket prosessor ini selalu dikelilingi oleh 4 lubang untuk penyangga Heatsink Fun, karena Prosessor sangat memerlukan penghantar panas saat bekerja.

Pemilihan motherboard sebaiknya mempertimbangkan dengan jenis socket prosessor yang terpasang, karena socket tersebut tidak dapat dipasang oleh sembarang prosessor. Karena satu jenis prosessor sudah memiliki socketnya masing-masing, dan tidak dapat dipasang ke socket lain.

Misalnya, ketika kamu membeli motherboard dengan socket prosessor untuk AMD, jangan harap kamu bisa menggunakan motherboard tersebut dengan prosessor Intel, karena socket yang digunakan jelas berbeda. Jadi, salah satu tips saat membeli motherboard adalah memperhatikan jenis socket prosessor yang ada, usahakan socket tersebut support dengan prosessor yang terbaru.

Slot Memory

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Secara fisik, bentuknya memanjang, sesuai dengan panjang RAM. Pada umumnya posisi slot memory ini bersebelahan dengan socket prosessor, dan biasanya jumlahnya lebih dari satu slot. Disinilah RAM dipasang.

Ingat, setiap jenis RAM (DDR, DDR2, DDR3) memiliki jenis slotnya tersendiri, jadi jangan sembarangan membeli RAM, harus sesuai dengan slot memory yang ada pada motherboard.

Slot IDE dan Slot SATA

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Kedua slot ini berbeda bentuknya, tetapi memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk penghubung Hardisk atau CD-ROM ke motherboard. Ciri fisk dan slot IDE adalah bentuknya yang agak memanjang, menyesuaikan dengan kondisi fisik kabel data IDE. Sedangkan untuk slot sata, bentuk fisiknya lebih kecil, dan tidak terlalu memakan tempat, karena kabel data SATA juga bentuknya relatif kecil.

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Slot IDE umumnya dapat ditemukan di motherboard lama, bukan berarti tidak ditemukan pada motherboard sekarang. Tapi pada umumnya kebanyakan motherboard sudah mulai menggunakan SATA dan meninggalkan IDE. Jadi, kalau pilih motherboard usahakan yang memiliki slot SATA, karena hardisk IDE juga sudah jarang yang menjual (kecuali bekas).

Slot AGP dan PCI Express x16

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Kedua slot ini fungsinya adalah sebagai tempat dipasangnya VGA Card atau Graphic Card. Kedua slot ini berbeda jenisnya, AGP adalah jenis lama dan sudah jarang ditemukan di motherboard jenis baru. Kebanyakan motherboard sudah pada menggunakan slot PCI Express untuk penghubung dengan kartu grafis.

Posisi slot ini pada umumnya berdekatan dengan slot PCI, bahkan hampir sejajar. Standarnya, slot AGP dan PCI Express ini jumlah hanya satu per motherboard. Bentuknya sama-sama memanjang, karena menyesuaikan VGA Card.


Slot PCI dan PCI Express x1

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya
 

Slot ini digunakan untuk memasang berbagai macam peripheral tambahan. PCI Express yang disini berbeda dengan yang saya sebutkan sebelumnya, karena yang pada bagian ini bentuknya lebih kecil.

PCI Express ada dua macam, yaitu PCI Express x16 (untuk VGA Card) dan PCI Express x1 (untuk peripheral tambahan).

Slot PCI ini biasanya tersedia lebih dari satu slot, karena untuk mengantisipasi banyaknya peripheral tambahan yang terpasang nantinya.


BIOS

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

BIOS (Basic Input Output Sistem) merupakan sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer. BIOS bertanggung jawab atas kesiapan komputer dalam melakukan booting dengan mengecek hardware yang terpasang pada komputer.

Saat ini, BIOS sudah mulai digantikan dengan UEFI yang hadir dengan teknologi yang lebih canggih. Secara fisik bentuk dari BIOS atau UEFI ini seperti chip, tempatnya pun tidak menentu di setiap jenis motherboard. Tetapi biasanya terdapat bacaan BIOS atau nama produsennya pada alasnya.

Battery CMOS

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Battery CMOS (Complimentary Metal Oxide Semicondutor) merupakan sebuah battery kecil yang digunakan untuk memberi daya pada BIOS dan juga untuk menyimpan semua settingan yang ada pada BIOS. Bentuk seperti battery jam tangan, hanya saja bentuknya yang lebih besar.

Dengan mencabut battery tersebut dari motherboard, itu sama saja kita mengatur ulang settingan BIOS ke pengaturan default, karena semua data yang tersimpan pada battery CMOS tersebut akan hilang. Jadi, jika kamu lupa password BIOS kamu, cabut saja battery  CMOS.

Power Connector


Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Connector ini tidak kalah penting dari yang lainnya. Connector ini menghubungkan motherboard dengan power supply agar motherboard bisa mendapatkan daya listrik. Biasanya berjumla 20-24 pin.

I/O Ports

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Bagian ini biasanya dapat kita gunakan dari luar casing. Merupakan kumpulan port sebagai input maupun output data komputer. Terdiri dari USB, LAN, VGA, SERIAL, PS/2. Untuk lebih jelasnya kamu baca di link ini:


Pin Kabel Front Panel

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Bentuknya seperti jarum-jarum, digunakan untuk memasang tombol power, restart, led power dan led hardisk. Untuk memasang kabel-kabel yang ukurannya sangat kecil ini, kita biasanya dibantu dengan bacaan yang ada disekitar pin front panel di setiap motheboard.

       

  BERBAGI INFORMASI TEKNOLOG


Pengertian Dan Fungsi Driver Komputer 
    Yang dimaksud dengan Driver Komputer adalah perangkat lunak yang akan menjadi jembatan penghubung antara Hardware penyusun sebuah computer dengan system opeasi yang terinstall. ibaratkan adalah Driver computer sebagai guide yang akan membimbing hardware untuk bekerja sesuai denga perintah User lewat perantara system operasi.

Dual Core

      Pada prosesor dual core ini akan terjadi pengabungan dua prosesor beserta cache, namun dalam satu kemasan chip atau integrated circuit (IC). Keuntungan dual core terutama pada cache coherency. Dengan dual core, komunikasi antara kedua die dapat dilakukan pada clock rate yang lebih tinggi dibandingkan jika memanfaatkan bus di luar chip.
Dalam sebuah prosesor dual core masing-masing inti menangani string data masuk secara bersamaan untuk meningkatkan efisiensi. Seperti halnya dua kepala lebih baik dari satu. Sekarang ketika salah satu mengeksekusi, yang lain dapat mengakses sistem bus atau mengeksekusi kode sendiri. Menambahkan skenario ini sangat menguntungkan, baik AMD dan Intel sebagaimana terlihat pada dual-core adalah 64-bit.
Untuk menggunakan prosesor dual core, sistem operasi harus dapat mengenali multi-threading dan perangkat lunak harus memiliki simultaneous multi-threading technology (SMT) yang ditulis dalam kodenya. SMT memungkinkan paralel multi-threading dimana core melayani instruksi multi-threaded secara paralel. Tanpa SMT software hanya akan mengenali satu inti. Adobe ® Photoshop ® merupakan contoh perangkat lunak yang menanggapi SMT dengan sangat baik. TPS juga digunakan dengan sistem multi-prosesor seperti umumnya diterapkan pada server.

# Prosesor ”dual core” AMD

     Untuk prosesor berbasis deskstop pada model dual core ini, AMD pertama kali meluncurkan prosesor dengan nama Athlon 64 X2. Dengan masing-masing core diperkuat 64K L1 intruction cache dan 64 K L1 data cache.
Untuk komunikasi kedua core AMD X2 tersebut akan berkomunikasi secara langsung melalui system request queue dan crossbar yang akan menghubungkannya dengan onchip memory controller dan Hyper-Transport I/O. Dengan desain arsitektur seperti ini, lebih memungkinkan kedua prosesor pada masing-masing core dapat secara optimal memanfaatkan resource yang tersedia. Tanpa terhambat oleh batasan, seperti katakanlah sistem bus. Ini juga akan memperkecil latency karena semua yang disebut tadi masih terletak dalam satu chip.
# Prosesor “dual core” Intel
      Prosesor dual core dari Intel untuk desktop diluncurkan dengan nama kode Smithfield yang memiliki kecepatan 3.2 GHz dengan masing-masing core dilengkapi dengan L2 cache sebesar 1 MB. Chip yang dinamai Pentium D tersebut memiliki kecepatan clock jauh lebih rendah dari CPU core tunggal 3.8 GHz, seperti seri 570 dan 670.
Untuk itu, pada Intel Pentium D juga dilakukan peningkatan branch prediction unit. Dengan memperbaiki kinerja branch prediction unit, akan membuat prosesor dapat bekerja secara optimal dan memperkecil kemungkinan kesalahan.
Fungsi hyper-threading tidak ditinggalkan begitu saja untuk prosesor Smithfield ini. Namun, ini hanya akan tersedia untuk prosesor desktop versi high end dari Intel dan tidak akan menemukannya pada setiap prosesor Smithfield, yakni Intel Pentium D 840 (3,2 GHz), Intel Pentium D 830 (3,0 GHz), dan 820 (2,8 GHz).

 pengertian Execute Disable Bit

      pengertian Execute Disable Bit adalah teknologi milik intel yang diterapkan pada prosesor untuk mencegah kode program jahat untuk masuk dalam buffer memori. teknologi ini untuk menangkal virus yang bekerja dengan memanfaatkan memori sistem.
Fitur Execute Disable Bit bisa diaktifkan melalui BIOS pada Motherboard yang mendukungnya.

  PENGERTIAN L2 CACHE  

    Cache L2 adalah memori yang kedua (sekunder)  Kecepatannya dibawah kecepatan Cache L1.

  Pengertian Spreadsheet


Microsoft Excel Spreadsheet 2010

   Spreadsheet adalah sebuah program aplikasi komputer interaktif untuk organisasi dan analisis data dalam bentuk tabel. Spreadsheet dikembangkan sebagai simulasi komputerisasi akuntansi lembar kertas. Program ini beroperasi pada data yang direpresentasikan sebagai sel dari array, yang diselenggarakan dalam baris dan kolom. Setiap sel dari array adalah elemen model-view-controller yang dapat berisi baik numerik atau data teks, atau hasil dari formula yang secara otomatis menghitung dan menampilkan nilai berdasarkan isi sel lain.
   
   FRONT SIDE BUS

front side bus   Front side bus (FSB) adalah sebuah jalur listrik pada motherboard komputer, yang menghubungkan berbagai komponen perangkat keras ke mikroprosesor utama, atau central processing unit (CPU). Jika Anda berpikir bahwa CPU sebagai otak dari komputer, dan memori, hard disk dan komponen lainnya sebagai organ, Front side bus akan mirip dengan sistem saraf utama dari link organ-organ ke otak.

     Front side bus adalah merupakan bi-directional, yang berarti data dapat mengalir dua arah, memungkinkan komponen untuk mengirim dan menerima data dari CPU. Karena begitu banyak data melewati Front side bus, keseluruhan kinerja komputer akan tergantung pada kecepatan FSB. Kecepatan Front side bus tergantung pada seberapa lebar Front side bus ini, frekuensi, dan jumlah data yang dapat diproses per clock CPU.
Front side bus dinyatakan dalam ukuran bit-size. Front side bus 32-bit adalah dua kali lebih besar dari Front side bus 16-bit. Frekuensi yang ditunjukkan oleh FSB adalah megahertz (MHz). Semua hal lain dianggap sama, sebuah front side bus 400 MHz akan lebih cepat dari FSB 300 MHz. Juga harus dipertimbangkan adalah seberapa banyak transfer data per clock yang dapat diberikan.
FSB berkomunikasi dengan komponen melalui chipset komputer. Chipset terdiri dari dua prosesor, yang dikenal sebagai Northbridge dan Southbridge. Kedua chip mengumpulkan data dari komponen tertentu, menyalurkan semua informasi itu ke CPU melalui FSB.

PENGERTIAN PIXEL

 
    Pixel adalah kumpulan titik titik yang berwarna yang berdekatan sehingga terlihat membentuk sebuah gambar,semakin banyak jumlah pixel semakin tajam juga gambar yang di peroleh
RAM


PENGERTIAN RAM

      Pengertian RAM Komputer, RAM adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random.
 PENGERTIAN ROM
       ROM adalah salah satu memori yang terdapat di dalam komputer. ROM ini mempunyai sifat permanen, yang artinya program atau data yang disimpan didalam ROM tidak mudah hilang ataupun berubah-ubah walau aliran listrik di sudah matikan. Menyimpan data di dalam ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program atau data yang ada diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena itu sifat ini, biasa dipakai untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan sangat erat dengan perangkat keras).  

 

pengertian clock


CLOCK

      Istilah ini seringkali digunakan pada perangkat elektronik, terutama pada perangkat elektronik yg rumit seperti Ponsel, PDA, dan Komputer

Tapi apakah CLOCK itu ?
 
       CLOCK merupakan sinyal listrik yang berupa suatu denyutan dan berfungsi untuk mengkoordinasikan atau mengsinkronisasikan setiap aksi2x atau proses2x yg dilakukan oleh setiap komponen didalam perangkat elektronika.
Bagaimana proses A, bagaimana Proses B, ... bagaimana proses X berjalan bersama Proses A, bagaimana proses Z berjalan dengan proses B, ... dst

PENGERTIAN VGA 

      Pengertian VGA dan Fungsi VGA Komputer - seringkali para pengguna komputer ataupun laptop sering bertanya tentang fungsi dan kegunaan sebuah vga. dan seorang gammer sangat membutuhkan vga yang sangat besar sekalai, mau tau kenapa alasanya. VGA kepanjangan dari Video Graphics Accelerator yang berfungsi mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory.


       VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
 
                                                  ATHLON XF


      Athlon (AMD Athlon) adalah sebuah seri mikroprosesor generasi ketujuh (K7) untuk PC yang dibuat AMD. Athlon memiliki beberapa kemampuan, seperti system bus berkecepatan 200Mhz, sembilan execution pipelines (tiga pipeline untuk kalkulasi alamat, tiga untuk kalkulasi integer dan tiga untuk kalkulasi floating point dan instruksi 3DNow! dan MMX).
Teknologi 3DNow! untuk menjalankan aplikasi 3D berkecepatan tinggi dan sistem cache on chip sebesar 384K (Cache L1 sebesar 128K dan Cache L2 sebesar 256K). Athlon harus dipasang pada papan induk (motherboard) yang memiliki slot A.

                                         ATHLON 64

    Prosesor AMD Athlon 64 adalah sebuah mikroprosesor 64-bit yang dibuat oleh Advanced Micro Devices. Prosesor ini dimanufaktur dengan menggunakan proses manufaktur 130 nanometer atau 90 nanometer dan teknologi Silicon-On-Insulator (SOI). Prosesor ini adalah prosesor 64-bit dengan set instruksi AMD64, yang merupakan sebuah ekstensi terhadap set instruksi x86 yang berupa set instruksi 32-bit. Dengan menggunakan set instruksi AMD64, Athlon 64 dapat menjalankan aplikasi 32-bit secara native, selain tentunya dapat menangani aplikasi 64-bit. Ini berbeda dengan prosesor Intel IA-64 (Itanium, Itanium 2) yang benar-benar menggunakan set instruksi yang 64-bit (bukan ekstensi terhadap x86), sehingga prosesor IA-64 tidak dapat menangani aplikasi 32-bit secara native (dibutuhkan proses emulasi untuk mengekeskusi aplikasi 32-bit).
                                                          Prosesor Athlon 64 X2

      Tidak lama setelah melepas prosesor Athlon 64 Venice dan San Diego, AMD kembali merilis prosesor baru hasil pengembangan dari Athlon 64, yaitu Athlon 64 X2 yang merupakan prosesor dual core (inti ganda atau dua inti, artinya terdapat dua buah chip dalam satu kemasan prosesor) yang dirancang menggunakan soket 939. Awalnya ada dua varian prosesor dual core Athlon 64 X2 yang dirilis, yaitu yang bernama core Manchester dan Toledo. Keduanya dirilis pada tanggal 31 Mei 2005. Perbedaan yang mencolok antara kedua varian prosesor tersebut terletak pada L2 Cache-nya. L2 cache Athlon 64 X2 Manchester sebesar 2 x 256 KB hingga 2 x 512 KB, sedangkan L2 Cache Athlon 64 X2 Toledo sebesar 2 x 512 KB hingga 2 x 1024 KB (dua kali lipat L2 Cache Athlon 64 X2 Manchester).
Akhirnya AMD mendapatkan suatu kritikan karena kurangnya dukungan terhadap penggunaan DDR2 SDRAM pada jajaran prosesor Athlon 64. Sementara itu, perusahaan Intel yang menjadi pesaing AMD telah lebih dulu mengadopsi teknologi ini. AMD pun merespon kekurangan ini. Pada tanggal 23 Mei 2006, AMD merilis lagi prosesor baru secara bersamaan, yaitu Athlon 64 bernama core Orleans untuk prosesor single core, dan Athlon 64 X2 Windsor serta Athlon 64 FX-62 Windsor untuk prosesor dual core, ketiganya dirancang menggunakan soket AM2 dan dilengkapi fitur baru AMD Virtualization dan mendukung penggunaan DDR2 SDRAM. Besar L2 Cache prosesor Athlon 64 X2 Windsor bervariasi, berkisar 2 x 256 KB hingga 2 x 1024 KB.

                                             ATHLON 88


      athlontm 88  merupakan salah satu produk pertama dari jajaran motherboard AMD terbaru dari MSI yang   dirilis untuk mendukung Kaveri. Motherboard ini memang ditujukan untuk mengisi level mainstream dengan target para gamer maupun enthusiast user, karena memiliki berbagai fitur menarik di dalamnya

                                        ATHLON   990


     athlontm 990 merupakan salah satu produk motherboard yang direkomondasikan untuk game , karena lebih aman dan efektif.

                  Pengertian Prosesor Intel Core i7

     Prosesor Core i7 adalah nama dari prosesor komputer yang diciptakan oleh Intel Corporation. Dirilis pada tahun 2008, model prosesor dalam Core i7 termasuk Bloomfield, Lynnfield, dan model Clarksfield. Core i7 komputer menggunakan apa yang dikenal sebagai Nehalem mikroarsitektur . Dalam istilah dasar, ini mengacu pada cara bahwa mikroprosesor dibuat, khususnya ukuran dan efisiensi energi . Prosesor dibuat dengan teknologi mikroarsitektur Nehalem baru 45 nanometer dalam ukuran dibandingkan dengan prosesor sebelumnya yang diukur 65 nanometer – perbedaan yang sangat meningkatkan efisiensi energi, yang menghasilkan kinerja yang lebih besar dan daya untuk komputer.

     Keluarga prosesor Core i7 juga memperluas kemampuan komputer berkat penggunaan dari apa yang dikenal sebagai Multi core. Core prosesor independen yang dapat diintegrasikan untuk bekerja sama dalam satu komputer. Prosesor dibuat dengan mikroarsitektur Nehalem yang tersedia dalam model empat atau delapan core. Dengan memiliki banyak core yang terintegrasi, sinyal yang dikirim antara sirkuit bisa pergi lebih cepat. Hal ini menghasilkan kualitas sinyal yang lebih baik dan kemudian memungkinkan lebih banyak data yang akan diproses lebih cepat.

    Sementara pengolahan data pada kecepatan ini dapat meningkatkan kemampuan komputer untuk multitasking , ada beberapa kerugian untuk komputasi dengan beberapa core. Dengan bekerja lebih cepat dan lebih keras, prosesor multi-core dapat menempatkan beban pada area lain dari komputer, yaitu memori .

     Prosesor Core i7 yang tersedia di komputer yang dijual oleh banyak produsen komputer atas dan tersedia untuk kedua laptop dan komputer desktop. Ada tujuh varietas prosesor untuk komputer desktop dan tujuh varietas untuk laptop. Nomor prosesor yang berbeda menawarkan varian spesifik sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer, seperti jumlah core, kecepatan clock prosesor, kapasitas cache, ukuran dalam nanometer.
Cara Mudah Install Driver Secara Manual Pada Komputer/Notebook Sep 7, 2011 by Fikri Under Tips & Trik - 11 Comments Sesuai request beberapa pengunjung, sekarang kami coba untuk share bagaimana cara menginstall driver secara manual melalui device manager pada Windows. Cara ini biasa dilakukan jika secara kebetulan driver yang anda miliki tidak disertai dengan file EXE (Executable) yang tinggal klik langsung jalan. File driver tersebut biasa berupa file INF dan file DLL yang berisi informasi dan database agar perangkat/device bisa dikenali oleh Windows. Cara Mudah Install Driver Secara Manual Pada Komputer/Notebook Share kali ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan driver yang sudah di backup menggunakan software DriverMax. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel Cara Mudah Backup Driver Windows Menggunakan DriverMax. Lebih jelasnya ikuti petunjuk di bawah ini: Buka Properties Komputer. Kalau di Windows XP, klik kanan My Computer dan pilih Properties. Kalau di Windows 7, klil tombol Start, Pilih Computer, klik kanan dan pilih Properties. Selanjutnya, klik tombol Device Manager. Klik kanan salah satu device yang drivernya belum teinstall dengan sempurna dan lanjutkan dengan memilih Update Driver. Update computer/notebook Pada bagian Welcome to the Hardware Update Wizard, pilih Yes this time only dan lanjutkan dengan klik tombol Next. Selanjutnya, pilih Install from list or specific location (Advanced) yang diikuti dengan klik tombol Next. Pada bagian Please choose your search and installation options, klik tombol Browse dan pilih di mana lokasi di mana anda menyimpan file driver. Folder Driver Update Setelah lokasi file driver sudah ketemu, lanjukan dengan klik tombol OK yang diikuti dengan tombol Next. Pastikan anda sudah memilih folder yang tepat sebelum melanjutkan proses install driver. Tunggu sampai proses selesai dan terakhir klik tombol Finish. Driver Updates for Windows Jika komputer/notebook anda meminta restart, ikuti saja prosesnya agar keseluruhan proses update bsia berjalan dengan maksimal. Sekarang, dengan pedoman ini anda tidak akan kebingungan lagi jika harus menginstall driver secara manual. Selain itu, seperti pada keterangan sebelumnya, cara ini juga bisa digunakan untuk menginstall driver dari file backup driver yang dihasilakn oleh DriverMax. Yang perlu diperhatikan, arahkan folder driver pada lokasi di mana anda menyimpan file driver. Jika anda salah memilih, anda bisa mengulanginya lagi sampai driver bisa terinstall dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Copy the BEST Traders and Make Money (One Click) : http://ow.ly/KNICZ

                   Intel 286

     Prosesor Intel 80286 atau cukup disingkat menjadi "286" atau iAPX 286 adalah sebuah mikroprosesor 16-bit, yang dibuat oleh Intel Corporation menggunakan mikroarsitektur Intel x86. Prosesor ini merupakan prosesor pengganti prosesor Intel 80186 dan Intel 80188. Chip ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1 Februari 1982, dan langsung digunakan pada komputer IBM PC/AT pada tahun 1982. Chip ini mengandung 134000 transistor. Kecepatan pemrosesan yang ditawarkan oleh prosesor ini adalah 6 MHz atau 8 MHz, lebih cepat daripada Intel 8088 yang berjalan pada kecepatan 4.77 MHz. Versi terakhirnya memiliki kecepatan hingga 12,5 MHz (AMD dan Harris Corporation kemudian menerbitkan prosesor yang setara secara arsitektural dengan kecepatan yang melebihi prosesor Intel 80286, yakni 20 MHz [AMD] dan 25 MHz [Harris]). Prosesor ini populer digunakan di dalam komputer IBM PC/AT dan yang kompatibel dengannya selama pertengahan dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an. Sistem yang menggunakan prosesor ini lebih cepat dibanding pendahulunya, karena memang prosesor ini lebih efisien dalam eksekusi instruksi. Menurut Intel, prosesor Intel 8086 dan Intel 8088 membutuhkan 12 siklus detak (clock cycle) untuk melakukan satu instruksi, tetapi prosesor ini dapat melakukannya dalam 4,5 siklus detak. Selain itu, prosesor ini pun dapat menangani data hingga 16-bit pada satu waktunya, sehingga kekuatan pemrosesan prosesor ini pun jauh jika dibandingkan dengan pendahulunya.
Chip ini memiliki dua mode operasi, yakni real mode dan protected mode. Dua metode tersebut sama sekali berbeda, sehingga 286 menyerupai dua chip berbeda. Ketika berjalan pada real mode, prosesor ini berjalan seperti layaknya prosesor Intel 8086 dan 8088, sehingga kompatibilitas pun terjaga. Sedangkan pada protected mode, yang merupakan modus asli dari prosesor ini, 286 dapat mengakses memori lebih besar daripada 1 MB (hingga 1 Gigabyte, secara teoritis meski Intel hanya mengimplementasikan 16 MB saja). Meski sistem operasi DOS dapat menggunakan RAM tambahan dengan menggunakan extended memory emulation, sedikit saja komputer yang diperkuat dengan prosesor ini dilengkapi dengan RAM yang mencapai satuan megabyte.
Prosesor Intel 80286 didesain untuk menjalankan banyak aplikasi multitasking, yang mencakup aplikasi komunikasi (seperti halnya PBX otomatis), sistem dengan banyak pengguna (multiple-user system), serta kontrol proses waktu nyata (real-time process control).
Kelemahan signifikan dari 286 adalah chip ini tidak dapat melakukan switching dari protected mode ke real mode tanpa adanya restarting pada komputer, meski ia dapat melakukan switching dari real mode ke protected mode tanpa restarting. Hal ini telah dikoreksi pada prosesor Intel 80386.
Pada zamannya, chip ini kurang banyak digunakan secara penuh kemampuannya, mengingat kurangnya aplikasi yang mendukung.
Cara Mudah Install Driver Secara Manual Pada Komputer/Notebook Sep 7, 2011 by Fikri Under Tips & Trik - 11 Comments Sesuai request beberapa pengunjung, sekarang kami coba untuk share bagaimana cara menginstall driver secara manual melalui device manager pada Windows. Cara ini biasa dilakukan jika secara kebetulan driver yang anda miliki tidak disertai dengan file EXE (Executable) yang tinggal klik langsung jalan. File driver tersebut biasa berupa file INF dan file DLL yang berisi informasi dan database agar perangkat/device bisa dikenali oleh Windows. Cara Mudah Install Driver Secara Manual Pada Komputer/Notebook Share kali ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan driver yang sudah di backup menggunakan software DriverMax. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel Cara Mudah Backup Driver Windows Menggunakan DriverMax. Lebih jelasnya ikuti petunjuk di bawah ini: Buka Properties Komputer. Kalau di Windows XP, klik kanan My Computer dan pilih Properties. Kalau di Windows 7, klil tombol Start, Pilih Computer, klik kanan dan pilih Properties. Selanjutnya, klik tombol Device Manager. Klik kanan salah satu device yang drivernya belum teinstall dengan sempurna dan lanjutkan dengan memilih Update Driver. Update computer/notebook Pada bagian Welcome to the Hardware Update Wizard, pilih Yes this time only dan lanjutkan dengan klik tombol Next. Selanjutnya, pilih Install from list or specific location (Advanced) yang diikuti dengan klik tombol Next. Pada bagian Please choose your search and installation options, klik tombol Browse dan pilih di mana lokasi di mana anda menyimpan file driver. Folder Driver Update Setelah lokasi file driver sudah ketemu, lanjukan dengan klik tombol OK yang diikuti dengan tombol Next. Pastikan anda sudah memilih folder yang tepat sebelum melanjutkan proses install driver. Tunggu sampai proses selesai dan terakhir klik tombol Finish. Driver Updates for Windows Jika komputer/notebook anda meminta restart, ikuti saja prosesnya agar keseluruhan proses update bsia berjalan dengan maksimal. Sekarang, dengan pedoman ini anda tidak akan kebingungan lagi jika harus menginstall driver secara manual. Selain itu, seperti pada keterangan sebelumnya, cara ini juga bisa digunakan untuk menginstall driver dari file backup driver yang dihasilakn oleh DriverMax. Yang perlu diperhatikan, arahkan folder driver pada lokasi di mana anda menyimpan file driver. Jika anda salah memilih, anda bisa mengulanginya lagi sampai driver bisa terinstall dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Copy the BEST Traders and Make Money (One Click) : http://ow.ly/KNICZ
Cara Mudah Install Driver Secara Manual Pada Komputer/Notebook Sep 7, 2011 by Fikri Under Tips & Trik - 11 Comments Sesuai request beberapa pengunjung, sekarang kami coba untuk share bagaimana cara menginstall driver secara manual melalui device manager pada Windows. Cara ini biasa dilakukan jika secara kebetulan driver yang anda miliki tidak disertai dengan file EXE (Executable) yang tinggal klik langsung jalan. File driver tersebut biasa berupa file INF dan file DLL yang berisi informasi dan database agar perangkat/device bisa dikenali oleh Windows. Cara Mudah Install Driver Secara Manual Pada Komputer/Notebook Share kali ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan driver yang sudah di backup menggunakan software DriverMax. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel Cara Mudah Backup Driver Windows Menggunakan DriverMax. Lebih jelasnya ikuti petunjuk di bawah ini: Buka Properties Komputer. Kalau di Windows XP, klik kanan My Computer dan pilih Properties. Kalau di Windows 7, klil tombol Start, Pilih Computer, klik kanan dan pilih Properties. Selanjutnya, klik tombol Device Manager. Klik kanan salah satu device yang drivernya belum teinstall dengan sempurna dan lanjutkan dengan memilih Update Driver. Update computer/notebook Pada bagian Welcome to the Hardware Update Wizard, pilih Yes this time only dan lanjutkan dengan klik tombol Next. Selanjutnya, pilih Install from list or specific location (Advanced) yang diikuti dengan klik tombol Next. Pada bagian Please choose your search and installation options, klik tombol Browse dan pilih di mana lokasi di mana anda menyimpan file driver. Folder Driver Update Setelah lokasi file driver sudah ketemu, lanjukan dengan klik tombol OK yang diikuti dengan tombol Next. Pastikan anda sudah memilih folder yang tepat sebelum melanjutkan proses install driver. Tunggu sampai proses selesai dan terakhir klik tombol Finish. Driver Updates for Windows Jika komputer/notebook anda meminta restart, ikuti saja prosesnya agar keseluruhan proses update bsia berjalan dengan maksimal. Sekarang, dengan pedoman ini anda tidak akan kebingungan lagi jika harus menginstall driver secara manual. Selain itu, seperti pada keterangan sebelumnya, cara ini juga bisa digunakan untuk menginstall driver dari file backup driver yang dihasilakn oleh DriverMax. Yang perlu diperhatikan, arahkan folder driver pada lokasi di mana anda menyimpan file driver. Jika anda salah memilih, anda bisa mengulanginya lagi sampai driver bisa terinstall dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Copy the BEST Traders and Make Money (One Click) : http://ow.ly/KNICZ
Cara Mudah Install Driver Secara Manual Pada Komputer/Notebook Sep 7, 2011 by Fikri Under Tips & Trik - 11 Comments Sesuai request beberapa pengunjung, sekarang kami coba untuk share bagaimana cara menginstall driver secara manual melalui device manager pada Windows. Cara ini biasa dilakukan jika secara kebetulan driver yang anda miliki tidak disertai dengan file EXE (Executable) yang tinggal klik langsung jalan. File driver tersebut biasa berupa file INF dan file DLL yang berisi informasi dan database agar perangkat/device bisa dikenali oleh Windows. Cara Mudah Install Driver Secara Manual Pada Komputer/Notebook Share kali ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan driver yang sudah di backup menggunakan software DriverMax. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel Cara Mudah Backup Driver Windows Menggunakan DriverMax. Lebih jelasnya ikuti petunjuk di bawah ini: Buka Properties Komputer. Kalau di Windows XP, klik kanan My Computer dan pilih Properties. Kalau di Windows 7, klil tombol Start, Pilih Computer, klik kanan dan pilih Properties. Selanjutnya, klik tombol Device Manager. Klik kanan salah satu device yang drivernya belum teinstall dengan sempurna dan lanjutkan dengan memilih Update Driver. Update computer/notebook Pada bagian Welcome to the Hardware Update Wizard, pilih Yes this time only dan lanjutkan dengan klik tombol Next. Selanjutnya, pilih Install from list or specific location (Advanced) yang diikuti dengan klik tombol Next. Pada bagian Please choose your search and installation options, klik tombol Browse dan pilih di mana lokasi di mana anda menyimpan file driver. Folder Driver Update Setelah lokasi file driver sudah ketemu, lanjukan dengan klik tombol OK yang diikuti dengan tombol Next. Pastikan anda sudah memilih folder yang tepat sebelum melanjutkan proses install driver. Tunggu sampai proses selesai dan terakhir klik tombol Finish. Driver Updates for Windows Jika komputer/notebook anda meminta restart, ikuti saja prosesnya agar keseluruhan proses update bsia berjalan dengan maksimal. Sekarang, dengan pedoman ini anda tidak akan kebingungan lagi jika harus menginstall driver secara manual. Selain itu, seperti pada keterangan sebelumnya, cara ini juga bisa digunakan untuk menginstall driver dari file backup driver yang dihasilakn oleh DriverMax. Yang perlu diperhatikan, arahkan folder driver pada lokasi di mana anda menyimpan file driver. Jika anda salah memilih, anda bisa mengulanginya lagi sampai driver bisa terinstall dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Copy the BEST Traders and Make Money (One Click) : http://ow.ly/KNICZ

Cara instal Driver pada Windows Secara manual

Selamat siang sobat wordpress semua?? Saya bela-belain posting ini walaupun saya cape banget, habis Ujian Praktek TKJ. Ujiannya sangat menguras tenaga dan pikiran. Tapi gapapa lah, itung-itung share information kepada sobat blogger. OK.. langsung aja kali ini saya akan posting tentang bagaimna cara menginstal driver windows7 secara manual melalui device manager. Ini dia langkah-langkahnya :
1. Buka Properties Komputer. Kalau di Windows XP, klik kanan My Computer dan pilih Properties. Kalau di Windows 7, klil tombol Start, Pilih Computer, klik kanan dan pilih Properties.
2. Selanjutnya, klik tombol Device Manager.
3. Klik kanan salah satu device yang drivernya belum teinstall dengan sempurna dan lanjutkan dengan memilih Update Driver.
4. Pada bagian Welcome to the Hardware Update Wizard, pilih Yes this time only dan lanjutkan dengan klik tombol Next.
5. Selanjutnya, pilih Install from list or specific location (Advanced) yang diikuti dengan klik tombol Next.
6. Pada bagian Please choose your search and installation options, klik tombol Browse dan pilih di mana lokasi di mana sobat menyimpan file driver.
7. Setelah lokasi file driver sudah ketemu, lanjukan dengan klik tombol OK yang diikuti dengan tombol Next. Pastikan sobat sudah memilih folder yang tepat sebelum melanjutkan proses install driver.
8. Tunggu sampai proses selesai dan terakhir klik tombol Finish.
9. Jika komputer/notebook sobat meminta restart, ikuti saja prosesnya agar keseluruhan proses update bsia berjalan dengan maksimal.

SEJARAH PERKEMBANGAN PROCESSOR

processor_gold_pins_macro_by_ArminoTauruS
Processor
    Adalah komponen yang kecil dan yang menjadi inti dari sebuah komputer. Dalam komponen inilah seluruh perhitungan matematis yang amat rumit dilakukan. Singkat kata, kecepatan, kehandalan dan kompabilitas PC ditentukan oleh Processornya.
Untitled
Ada beberapa produsen processor
untuk PC, seperti Intel, AMD, Cyrix dan Windchip IDT
 Perkembangan Processor
     Menurut Perkembanganya, processor sampai saat ini telah mencapai beberapa generasi dan masih terus berlanjuthingga saat ini. Perkembangan processor tersebuat diantaranya :
Generasi pertama:
intel 8086   Tahun 1978 intel mengeluarkan processor 16 Bit pertamanya yaitu 8086.Tahun 1981 intel merancang ulang processornya yaitu 8088 Chip ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1 Februari 1982, dan langsung digunakan pada komputer IBM PC/AT pada tahun 1982. Chip ini mengandung 134000 transistor. Kecepatan pemrosesan yang ditawarkan oleh prosesor ini adalah 6 MHz atau 8 MHz

   Generasi Kedua:  

 intel 802866
    Pada generasi ini (tahun 1982) Intel merilis processor 80286 yang juga merupakan Processor 16 bit namun memiliki kemampuan lebih, utamanya dalam penanganan perintah dan mode kerja baru “24 bit virtual address mode” yang menegaskan arah perpindahan dari DOS ke Wind


 Generasi Ketiga:

Intel 80386 DX
     Pada generasi ke tiga intel meluncurkan Processor 80386 DX, pada tanggal 17 Oktober 1985 yang merupakan processor 32 bit pertama. Pada generasi inilah processor mampu bekerja secara multitasking Digunakan hingga tahun 1994.Selama masa perancangan, prosesor mikro ini dinamakan “P3”, merupakan generasi ketiga dari prosesor dalam x86, tetapi sering juga dirujuk dengan nama i386. Dibuat dan diproduksi oleh Intel, prosesor i386 dikirim untuk diproduksi pada Oktober 1985.


Generasi Keempat:
Untitled(4)
Tanggal 10 April 1989 intel mengeluarkan processor 80496 DXdan 80486 SX Selain intel, producen processor lain juga mengeluarkan processor, diantaranya : Cyrix dan Texas Instruments dengan processor 486 SLC dan IBM dengan 486 SLC2  


Generasi Kelima:

    Pada generasi inilah, beberapa produsen processor mulai berlomba mengeluarkan produk-produk terbaik mereka diantaranya:
Intel
Tanggal 22 Maret 1993 Intel mengembangkan Pentium Classic (P54C). Pada processor ini sistem bus mengalami perubahan menjadi 64 bit dan kecepatannya meningkat menjadi 60 atau 66 MHz. Sehingga kemampuan dari processor classic ini setara dengan dua buah processor 486
Sejak saat itu intel memproduksi dua macam Pentium yang bekerja pada sistem bus 60 dan 66 MHz.
Pada tanggal 8 januari 1997, intel memperkenalkan Processor type MMX (Multi Media Extension) atau P55C. Processor type MMX sudah bisa menangani aplikasi Multimedia
Pentium yang menggunakan fasilitas ini adalah P200 MMX dan P233 MMX
Cyrix
Cyrix 6×86 diperkenalkan pada 5 februari 1996 dan merupakan tiruan pentium yang murah.
30 Mei 1977, Cyrix memperkenalkan 6×86 MX yang dikenal dengan MII (M-two) yang kompatibel dengan Pentium MMX. Kecepatan Bus :
-60 MHz (PR166)
-66 MHz (PR200 dan PR300)
-75 MHz (PR233 dan PR266)
-83 MHz (PR333)
-95 MHz (PR433 dan PR466) 
AMD
AMD menggunakan teknologinya sendiri untuk bersaing dengan Intel, diantaranya:
AMD K5 
AMD K6 (2 April 1997) Tanggal 28 Mei 1998, AMD memasarkan K6-2 yang memiliki plug-in 3D (3D Now). Kecepatan bus yang digunakan pada processor ini adalah :
66 MHz (K6-2 266)
88 MHz (K6-2 266)
95 MHz (K6-2 333 dan K6-380)
100 MHz (K6-2 300, K6-2 350 dan K6-2 400)
Generasi Keenam:
Pada generasi ini, persaingan antara produsen Processor semakin hebat. Dimana tiap-tiap produsen terus menerus mengeluarkan inovasi.
intel
Pentium Pro : dikembangkan pada tahun 1991 di Oregon
Pentium II dengan nama sandi “Klamath” diperkenalkan pada tanggal 7 Mei 1997. Processor Pentium II ini menggunakan Slot 1 
Pentium II Celeron : dibuat awal 1998, Processor ini sama dengan Pentium II kecuali cache L2 yang di lepas. Processor ini dapat disebut Pentium II-SX dan menggunakan Slot 1.


Generasi Ketujuh:
Pada generasi ini, pertarungan antara processor-processor tecepat, utamanya antara Intel dan AMD.
 Untitled(6)
Generasi Kedelapan:
Pada generasi ini teknologi yang digunakan sudah tidak berfokus lagi pada sebuah clock speed, tapi keefisienya dalam bekerja. teknologi ini menguunakan sistem core yang berbeda – beda.
Contoh Processor Generasi Kedelapan :
– intel Core 2 Duo
– intel Core i3
– intel Core i5
– intel Core i7
dan masih banyak produk dari AMD.
Cara Mudah Install Driver Secara Manual Pada Komputer/Notebook Sep 7, 2011 by Fikri Under Tips & Trik - 11 Comments Sesuai request beberapa pengunjung, sekarang kami coba untuk share bagaimana cara menginstall driver secara manual melalui device manager pada Windows. Cara ini biasa dilakukan jika secara kebetulan driver yang anda miliki tidak disertai dengan file EXE (Executable) yang tinggal klik langsung jalan. File driver tersebut biasa berupa file INF dan file DLL yang berisi informasi dan database agar perangkat/device bisa dikenali oleh Windows. Cara Mudah Install Driver Secara Manual Pada Komputer/Notebook Share kali ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan driver yang sudah di backup menggunakan software DriverMax. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel Cara Mudah Backup Driver Windows Menggunakan DriverMax. Lebih jelasnya ikuti petunjuk di bawah ini: Buka Properties Komputer. Kalau di Windows XP, klik kanan My Computer dan pilih Properties. Kalau di Windows 7, klil tombol Start, Pilih Computer, klik kanan dan pilih Properties. Selanjutnya, klik tombol Device Manager. Klik kanan salah satu device yang drivernya belum teinstall dengan sempurna dan lanjutkan dengan memilih Update Driver. Update computer/notebook Pada bagian Welcome to the Hardware Update Wizard, pilih Yes this time only dan lanjutkan dengan klik tombol Next. Selanjutnya, pilih Install from list or specific location (Advanced) yang diikuti dengan klik tombol Next. Pada bagian Please choose your search and installation options, klik tombol Browse dan pilih di mana lokasi di mana anda menyimpan file driver. Folder Driver Update Setelah lokasi file driver sudah ketemu, lanjukan dengan klik tombol OK yang diikuti dengan tombol Next. Pastikan anda sudah memilih folder yang tepat sebelum melanjutkan proses install driver. Tunggu sampai proses selesai dan terakhir klik tombol Finish. Driver Updates for Windows Jika komputer/notebook anda meminta restart, ikuti saja prosesnya agar keseluruhan proses update bsia berjalan dengan maksimal. Sekarang, dengan pedoman ini anda tidak akan kebingungan lagi jika harus menginstall driver secara manual. Selain itu, seperti pada keterangan sebelumnya, cara ini juga bisa digunakan untuk menginstall driver dari file backup driver yang dihasilakn oleh DriverMax. Yang perlu diperhatikan, arahkan folder driver pada lokasi di mana anda menyimpan file driver. Jika anda salah memilih, anda bisa mengulanginya lagi sampai driver bisa terinstall dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Copy the BEST Traders and Make Money (One Click) : http://ow.ly/KNICZ

Komentar

  1. terimakasih untuk artikelnya dan mudah dipahami sekali.
    http://bit.ly/2EsPnBN

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bilangan Oktal Dan Bilangan Hexadesimal

Pengertian Bilangan Oktal        Bilangan oktal adalah bilangan berbasis 8, yang menggunakan angka 0 sampai 7. Contoh penulisan : 17 8 . Konversi Desimal ke Oktal Contoh:  67 (desimal) = ……(oktal) ? Pertama-tama 67/8 = 8, sisa 3 Lalu 8/8 = 1, sisa 0, Terakhir 1/8=0, sisa 1. Dengan demikian dari hasil perhitungan didaptkan 67(desimal)= 103(oktal) Konversi bilangan octal ke desimal.  Cara mengkonversi bilangan octal ke desimal adalah dengan mengalikan satu-satu bilangan dengan 8 (basis octal) pangkat 0 atau 1 atau 2 dst dimulai dari bilangan paling kanan. Kemudian hasilnya dijumlahkan. Misal, 137(octal) = (7x80) + (3x81) + (1x82) = 7+24+64 = 95(desimal). Konversi Biner ke oktal Untuk melakukan konversi biner ke oktal lakukan bagi setiap 3 digit menjadi sebuah angka oktal dimulai dari paling kanan. Contoh : 10110(biner) = ……(oktal) ? Pertama-tama bagi menjadi kelompok yang terdiri dari 3 digit biner: 10 dan 1

Pemrograman Dasar - Algoritma Pemrograman

Pengertian Logika dan Algoritma pemrograman 1. Logika Logika berasal dari bahasa yunani yaitu logos berarti ilmu. Logika dapat diartikan ilmu yang mengajarkan cara berfikir untuk melakukan kegitan dengan tujuan tertentu. Jadi logika dapat diartikan ilmu yang mengajarkan manusia untuk berfikir dengan akal suatu permasalahan untuk menghasilkan kebenaran, dibuktikan, dan dapat diterima oleh akal. 2. Sejarah Algoritma  Algoritma berasal dari nama seorang ilmuan Arab, Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi. Dua kata Al Khuwarizmi dikenal oleh kalangan barat sebagai algorism atau algorithm lalu diserap ke dalam bahasa indonesia menjadi algoritma. 3. Definisi Algoritma  Algoritma dapat diartikan urutan penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang logis untuk memecahkan suatu permasalahan. 4. ciri-ciri algoritma Finiteness (keterbatasan), algoritma harus berakhir setelah mengerjakan sejumlah langkah proses Definiteness (kepastian), setiap langkah harus didefi

MOTHERBOARD LAPTOP

Assalamualaikum wr.wb. Kali ini saya akan posting tentang komponen - komponen yang ada pada motherboard laptop. Semoga bermanfaat 😊 MOTHERBOARD LAPTOP          Motherboard adalah salah satu komponen utama pada sebuah laptop. Semua komponen internal terhubung ke system board ini. Motherboard laptop selalu disesuaikan dengan spesifikasi model. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengganti motherboard suatu brand laptop dengan mainboard brand lain. Embedded Controler                Prosesor yang membuat mesin menjadi smart, seperti : mesin cuci, microwave, oven, mesin jahit, sistem pengapian otomotif. Prosesor jenis ini lebih dikenal dengan mikrokontroller.  Firmware SPI flash        manajemen power bertujuan untuk menghemat daya dengan cara menghentikan supply power pada saat tidak digunakan.Tahapan ini di kendalikan oleh sistem operasi tertanam atau disebut dengan Firmware atau dikenal dengan Bios file.  Firmware ini dijalankan bersama SPI Flash (Flash mem